Seandainya Aku Amnesia

* And you are such a fool

To worry like you do

I know it's tough

And you can never get enough

Of what you don't really need now

My, oh my



You've got to get yourself together

You've got stuck in a moment

And you can't get out of it

....

apa?! amnesia?!.. hehehe.. mungkin hal ini terdengar gila, tapi ini hanyalah "seandainya" teman.. tenang! hehehe.. terkadang (maksudnya tidak terlalu sering) aku berharap (bagaimana jika) aku amnesia, membayangkan dalam sekejap tiba-tiba aku kehilangan ingatanku akan masa laluku, dalam kedipan mata*cling!!*.. :)

ada banyak hal yang terkadang tak bisa kita kendalikan dalam hidup, diantaranya adalah masa lalu.. kita tahu, tak ada yang bisa kita lakukan untuk mengubah waktu yang telah berlalu, namun rasanya tak adil jika setiap hari kita merasa berada dalam keadaan dihakimi oleh masalalu, dengan dakwaan yang menteror masa depan kita, mungkin kalian mengerti maksudku, ketika terbangun dari tidur, setiap orang ingin merasa bebas tanpa terbebani akan hal yang terjadi di hari kemarin.. dalam hal ini, yang kumaksud adalah bukan berarti aku mencoba melarikan diri sepenuhnya dari hidupku, aku hanya ingin merasa bebas tanpa dihantui rasa trauma, memulai suatu hari yang baru, menjadi orang yang lebih baik.. berharap diriku yang dulu akan beristirahat dengan damai bersama masa laluku yang pahit, sementara aku memulai hidupku yang baru..

aku membayangkan setiap hari aku bisa merasakan kembali sensasi PeDeKaTe, dan apapun yang aku lakukan maka itu akan memberikan kesan yang mendalam, karena semua itu adalah hal yang pertama kalinya bagiku.. hehehehe..

berangkat dari "seandainya" (:khayalanku), akhirnya aku menemukan beberapa informasi menarik yang berkaitan dengan amnesia, setidaknya persiapan lah jika tiba-tiba aku merasa amnesia, "seandainya".. hehehe..

untuk seseorang yang menderita amnesia, ada dua cara untuk membantu mengembalikan ingatan, yang pertama yaitu: mengenali, hal ini berkaitan dengan sebuah proses perbandingan informasi dengan ingatan lalu, yang kedua adalah mengingat, yaitu sebuah pengalaman yang akan merangsang ingatan..  karena mengenali hampir mirip dengan mengingat maka mengenali bisa membangkitkan ingatan.

Proses mengingat melibatkan sebuah tindakan pencarian terhadap kenangan-kenangan, lalu dilanjutkan dengan proses perbandingan, saat sesuatu ditemukan kau bisa mengingat dengan cara memusatkan perhatianmu langsung pada sebuah kenangan.

mengenali  mirip dengan seperti sebuah perasaan seolah-olah kau mengenal sesuatu, jadi tak mungkin mengingat tanpa pernah mengenalnya.

dan informasi berikutnya adalah ada perbedaan antara dokter spesialisasi ingatan bawah sadar dan ingatan dari sebuah proses, sperti perbedaan antara emosi dan fakta-fakta murni.. gambar-gambar.. angka-angka.. tindakan-tindakan..

oke, mungkin terlalu rumit, jadi maksudnya seseorang yang menderita amnesia masih mengetahui bagaimana cara mengendarai sepeda, tapi dia tidak mengingat hal-hal buruk yang dia alami, seperti kapan pertama kali dia jatuh dari sepeda, atau mungkin siapa orang yang pernah dia bonceng sebelumnya.. :p

oh ya, kalian tahu, ada amnesia yang disebabkan oleh syndrom korsakoff, yaitu amnesia yang disebabkan karena terlalu mengkonsumsi alkohol.. dan rasanya mungkin aku mengalaminya waktu SMP, namun aku tidak menyadarinya, sehingga pada saat itu aku begitu bodoh dan nyaris beberapa kali nyaris di DO.. hehehe.. dan tiba-tiba amnesiaku itu sembuh total saat aku putus cinta untuk pertama kalinya.. hehehehe..

tulisan ini hanyalah berangkat dari khayalanku, yang terinspirasi dari buku "forget about it".. aku tak pernah ingin benar-benar amnesia, sehingga kalian tidak perlu khawatir kalo aku akan melupakan kalian hehehe.. yah, mungkin kalopun amnesia yang ku inginkan adalah kalian tiba-tiba lupa akan dosa yang pernah aku lakukan pada kalian, atau mungkin lupa kalo aku pernah berhutang pada kalian.. hahaha..

aku tidak pernah berharap untuk menjadi orang lain, apapun yang pernah terjadi, aku pilih untuk aku jalani hari ini..

ada saatnya mungkin kita akan dihakimi masalalu.. namun ada saatnya pula kita berdiri mengangkat dagu kita untuk  menghakimi masalalu, cukup satu dakwaannya: "menteror masa depanmu!!".. - b.a.-

(*) dikutip dari lagu stuck in a moment milik dari U2
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar sahabat adalah inspirasi saya !!!!

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2013 Catatan cerita: Seandainya Aku AmnesiaTemplate by Bamz Templates|suport by Wibialwis Blog |Support Googel